Jumat, 29 Agustus 2008

Satu Masalah dalam Tiga Bahasa

Resensi Buku
Judul : Tips Trik Memecahkan Masalah dengan 3 Bahasa
Penulis : Yosua Onesimus Suheru (Mahasiswa FTI UKSW)
Penerbit Gava Media Yoyakarta
Tahun Terbit : 2005


Catatan Editor :

Tiga bahasa pemrograman yang dibahas penulis pada buku ini memang mempunyai cirri dan karakteristik yang berbeda satu sama lain.

Turbo Pascal, merupakan bahasa pemrograman yang sempat menjadi bahasa pemrograman paling popular di era 90-an. Dengan konsep pemrograman terstruktur yang dimilikinya, menjadi bahasa pemrograman yang paling mudah dipahami pada era tersebut dibanding dengan bahasa-bahasa tingkat tinggi sebelumya seperti Basica, Fortran atau Cobol.

Bahasa C, merupakan bahasa pemrograman yang secara “de-facto” telah menjadi bahasa pemrograman standard saat ini. Bahasa ini telah berkembang menjadi “bahasa wajib” yang diajarkan pada hampir semua institusi pendidikan di bidang computer dan informatika di seluruh dunia. Bahasa C juga telah berhasil digunakan untuk mengembangkan dan memecahkan berbagai permasalahan di bidang pemrograman mulai dari level operating system (Unix, Linux, MS DOS dan lain sebagainya) sampai pada pengembangan aplikasi dan bahkan expert system.

Bahasa Visual Basic, juga merupakan salah satu bahasa pemrograman terpopuler saat ini. Dengan kemampuan Object Oriented Programming-nya, Bahasa ini menjadi bahasa yang familiar dan mudah digunakan oleh pemakainya.

Buku ini mencoba untuk membuat komparasi, meskipun tidak secara langsung membandingkan, tetapi setidaknya pembaca akan dapat menarik kesimpulan akan berbagai hal tentang ketiga bahasa pemrograman ini, baik dari sudut pandang kemudahan pemakaian maupun dari sudut pandang teknis pemrogramanya.

Dengan pembahasan yang terstruktur, diharapkan buku ini dapat bermanfaat bagi semua orang yang ingin mengenal dan mempelajari bahasa pemrograman sebagai sarana komunikasi antara manusia dengan mesin computer.

Tidak ada komentar: