Selasa, 02 September 2008

Berpetualang dengan Bahasa C

By: Team Resensi Pointer


Resensi Buku Petualangan Bahasa C
Karya : Jasson Presstiliano (Mahasiswa FTJE)*
Editor : Teguh Wahyono
Penerbit Andi (2006)

)* Penulis saat ini sudah bekerja sebagai Dosen FTI UKSW

Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang secara de fakto telah diakui sebagai bahasa standar pemrograman. Bahasa C digolongkan dalam bahasa tingkat tinggi dari segi mudahnya dipahami manusia. Semakin tinggi tingkat bahasa pemrograman akan semakin mudah bahasa pemrograman itu diakses manusia.

Buku ini mencoba menelusuri penerapan bahasa C untuk berbagai keperluan. Kasus-kasus yang diberikan cukup lengkap, mulai dari penerapan dalam kehidupan sehari-hari sampai pada penerapannya di bidang teknis dan grafis. Buku ini berisi program-program praktis siap pakai, bukan pelajaran dasar tentang bahasa C.

Pokok-pokok Bahasan dalam buku ini antara lain : (1) Petualangan bahasa C dalam kehidupan sehari-hari, (2) Petualangan bahasa C dalam dunia matematika, (3) Petualangan bahasa C dalam dunia pekerjaan, (4) Petualangan bahasa C dalam dunia teknik dan (5) Petualangan bahasa C dalam dunia grafis.

Sekilas Bahasa C

Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang banyak dipakai oleh para programmer dalam membuat program-program aplikasi, mulai dari aplikasi sederhana sampai yang kompleks dan menguras pikiran sang programmer.

Bahasa C dikembangkan pertamakali oleh Dennis Ritchie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. (yang sekarang benama AT&T Bell Laboratories), pertamakali digunakan di komputer Digital Equipment Corporation PDSP-11 yang menggunakan system operasi UNIX. Bahasa C ini cukup populer dan sudah banyak aplikasi-aplikasi yang menggunakan Bahasa C sebagai dasar dari pemrogramannya, baik yang under DOS maupun under Windows.

Kepopuleran bahasa C ini membuat versi-versi dari bahasa ini banyak dibuat. Akhirnya tahun 1983 ANSI (American National Standard Insitute) menetapkan standar untuk bahasa C. Salah satu versi Bahasa C yang mengikuti Standar ANSI adalah Turbo C oleh Borland International (Turbo C inilah yang dipergunakan oleh penulis dalam membuat program-program dalam buku ini). Contoh lainnya adalah Microsoft Visual C/C++ oleh Microsoft Corporation, dan Quick C oleh Watcom C.

Struktur Dasar Bahasa C

Stuktur dari program C ini dapat dilihat sebagai kumpulan dari satu atau lebih fungsi-fungsi (Minimal memiliki satu fungsi yaitu main()). Setiap fungsi dibuka dengan kurung kurawal ({) dan ditutup oleh kurung kurawal tutup (}). Di antara kurung-kurung kurawal tersebut ditulis statemen-statemen program C. Dan kebanyakan perintahnya ditulis dengan huruf kecil semua. Dan pada akhir sebuah statement atau perintah diberi penutup titik koma (;).

Contoh sederhananya:

main() { statement-statement; }

Kelebihan Bahasa C

Kenapa kita membuat program dalam Bahasa C? Pastinya karena Bahasa C mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Kelebihan-kelebihan itu antara lain:

(1.) Bahasa C tersedia di hampir semua jenis komputer, baik mikro, mini sampai komputer besar (Mainframe Computer).

(2.) Kode bahasa C bersifat Portabel, atau aplikasi yang ditulis dengan bahasa ini dapat digunakan di berbagai komputer hanya dengan sedikit modifikasi.

(3.) Bahasa C hanya menggunakan sedikit kata kunci, yaitu 32 (standard ANSI) atau 39 (Turbo C). Semakin sedikit kata kunci pada sebuah bahasa pemrograman, maka semakin mudah bagi pemakai untuk mempelajari dan menggunakan bahasa tersebut. Hal ini juga mempengaruhi proses executable program yang lebih cepat pada bahasa ini.

(4.) Mempunyai dukungan pustaka yang cukup banyak.

(5.) Bahasa C adalah bahasa yang terstruktur sehingga mudah dipahami.

(6.) Bahasa C adalah kompiler, yang menghasilkan executable program yang banyak dibutuhkan oleh pasar-pasar komersial.

Masih banyak kelebihan-kelebihan lain dari Bahasa C yang bisa kita temukan ketika kita mengikuti petualangan dari bahasa C ini. Kita akan mengerti kegunaan Bahasa C dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari program yang sederhana sampai pada program yang bisa dipergunakan dalam pekerjaan kita. Penyusun ingatkan kepada para pembaca, bahwa buku ini berisi program-program praktis yang siap pakai, bukan pelajaran mendasar tentang Bahasa C. Program-program tersebut dapat berdiri sendiri atau diintegrasikan dalam suatu program lain yang bersifat lebih kompleks.

Tidak ada komentar: